Minggu, 05 Juni 2011

Manfaat Internet Dalam Dunia Pendidikan

Manfaat Internet Dalam Dunia Pendidikan
Perkembangan internet dewasa ini melaju demikian cepat. Berbagai dimensi telah dilalui oleh media ini. Internet telah membentuk peradaban baru dunia modern. Berbagai sisi kehidupan kita kini semakin tidak dapat terlepas dari keberadaannya. Betapa tidak, setiap informasi yang kita butuhkan, hampir bisa dipastikan tersedia di belantara internet. (Paragraf Deduktif)
Internet sangat kompleks dan bersifat global. Berbagai macam informasi dari beragam sumber tersaji secara lengkap. Informasinya mulai dari hal-hal umum seperti masalah ekonomi, politik dan sosial budaya, hingga hal-hal yang lebih spesifik. (Paragraf Deduktif)
Perkembangan media Internet sebagai salah satu alternatif untuk ikut mencerdaskan kehidupan bangsa ternyata telah banyak diaplikasikan dalam bentuk pengembangan situs pendidikan:
1. Daftar Situs Pendidikan Anak-anak
Dunia anak adalah dunia yang paling menyenangkan. Hampir setiap orang tua selalu memberikan yang terbaik bagi anak-anak mereka, terutama kala mereka masih kanak-kanak karena masa anak-anak adalah masa yang paling menentukan dalam proses pertumbuhan psikolo¬gis mereka di masa mendatang. Dengan memberikan pendidikan yang tepat kepada anak maka akan dapat diperoleh landasan yang kuat bagi masa depan anak-anak itu. Berikut ini beberapa situs Indonesia yang ber¬hubungan dengan pendidikan anak: (Paragraf Narasi)
www.e-smartschool.com, www.bukamata.com, dan www.fourthr.com

2. Daftar Situs Perguruan Tinggi
Perguruan tinggi merupakan salah satu pendidikan ting¬kat atas yang semakin dibu¬tuhkan masyarakat untuk mempersiapkan ca¬lon lulusannya untuk siap terjun dalam dunia kerja. Berikut ini beberapa situs perguruan tinggi yang cukup populer di Indonesia :
www.uinjkt.ac.id, www.binus.ac.id, www.itb.ac.id, dan www.ui.ac.id)
3. Daftar Situs Beasiswa Pendidikan
Beasiswa biasanya diberikan kepada para siswa yang memiliki bakat dan prestasi di bidang tertentu. Di Indonesia, banyak pihak baik perusahaan, badan-badan sosial maupun perguruan tinggi yang menyelenggarakan program beasiswa. Berikut ini beberapa informasi situs di Indonesia yang menawarkan berbagai program beasiswa yang cukup menarik. Berikut adalah daftar beberapa Program Beasiswa yang cukup terkenal :
www.indo-ausaid.gov.au, dan www.sampoernafoundation.org)
Banyak manfaat yang menguntungkan yang didapatkan dari internet khususnya dalam bidang akademis. Pertama, internet sebagai gudang informasi, dengan adanya internet, dunia ilmu pengetahuan semakin terbuka bagi kita, penyebaran informasipun semakin cepat, segala informasi di belahan dunia manapun dapat diperoleh dalam sekejap. Kedua, perpustakaan, internet juga menyediakan fasilitas Perpustakaan Online (http://onlinebooks.library.upenn.edu/ dan http://perpustakan-online.blogspot.com). (Paragraf Ekspositoris)
Manfaat lain yang ditimbulkan dari kehadiran internet bagi pendidikan yaitu, (1) Mempercepat dan mempermudah alih ilmu pengetahuan dan teknologi, (2) Proses pembelajaran lebih menarik, (3) Mendorong siswa untuk lebih aktif mencari ilmu pengetahuan dan informasi, dan (4) Pemahaman lebih up to date (actual). (Paragraf Eksposisi)

REFERENSI
o yudipurnawan.wordpress.com/.../manfaat-internet-sebagai-media-pendidikan/
o perpustakaan-online.blogspot.com/.../internet-dan-manfaatnya.html
o www.google.com
o www.klik-galamedia.com.

1 komentar:

  1. Makasih sob udah share, blog ini sangat membantu saya sekali .......................



    bisnistiket.co.id

    BalasHapus